Rumus Konversi Penilaian Rapot
( Halaman 114)
1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Terdiri dari:
a. Nilai Ulangan Harian (NH) diperoleh lewat tes tulis (uraian dan PG), tes lisan, tugas.
b. Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
c. Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
Rentang nilai Kompetensi Pengetahuan
Tabel 2 : Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
No. | Nilai | Predikat |
1 | 0,00 ˂ Nilai ≤ 1,00 | D |
2 | 1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33 | D+ |
3 | 1,33 ˂ Nilai ≤ 1,66 | C- |
4 | 1,66 ˂ Nilai ≤ 2,00 | C |
5 | 2,00 ˂ Nilai ≤ 2,33 | C+ |
6 | 2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66 | B- |
7 | 2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00 | B |
8 | 3,00 ˂ Nilai ≤ 3,33 | B+ |
9 | 3,33 ˂ Nilai ≤ 3,66 | A- |
10 | 3,66 ˂ Nilai ≤ 4,00 | A |
Skala nilai 0 sd 100
Pembobotan nilai
- NH : 2
- UTS : 1
- UAS : 1
Rumus:
Jumlah nilai (NH, UT, dan UAS) -------------------------------------------- x 4 Jumlah nilai maksimal |
Contoh
Nilai Kevin Pandoyo memperoleh nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam bidang pengetahuan:
Jenis Nilai | Nilai 1 | Nilai 2 | Nilai 3 | Nilai 4 | Bobot | Rata-rata | Jumlah |
NH | 85 | 86 | 87 | 86 | 2 | 86 | 172 |
UTS | 82 | | | | 1 | 92 | 92 |
UAS | 81 | | | | 1 | 89 | 89 |
Jumlah | 4 | - | 353 |
Maka Kevin Pandoyo akan mendapatkan nilai berdasarkan rumus, adalah:
353
-------- x 4 = 3, 56 Jadi nilai konversinya adalah A-
400
Dengan demikian bentuk deskripsinya:
Sudah menguasai seluruh kompetensi dengan baik. Hal ini didasarkan pada pemerolehan nilai baik ukangan haria, pengamatan dan nilai proses
2. Penilaian keterampilan
(Rumus dan cara pengkonversian sama dengan Pengetahuan)
Terdiri dari:
a. Nilai Praktik
b. Nilai Portofolio
c. Nilai Proyek
Contoh
Nilai Kevin Pandoyo memperoleh nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam bidang keterampilan:
d.
Jenis Nilai | Nilai 1 | Nilai 2 | Nilai 3 | Nilai 4 | Bobot | Rata-rata | Jumlah |
Praktik | 80 | | | | 2 | 80 | 160 |
Portofolio | 75 | | | | 1 | 75 | 75 |
Proyek | 80 | | | | 1 | 80 | 80 |
Jumlah | 4 | | 315 |
Maka Kevin Pandoyo akan mendapatkan nilai berdasarkan rumus, adalah:
315
-------- x 4 = 3, 15 Jadi nilai konversinya adalah B+
400
Dengan demikian bentuk deskripsinya:
Sudah baik dalam mengerjakan praktik dan proyek, namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan tugas dalam sat potofolio.
3. Penilaian sikap ( Halaman 117)
Terdiri dari:
a. Penilaian observasi
b. Penilaian diri sendiri
c. Penilaian antarpeserta didik
d. Jurnal catatan guru
a. Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu pada sepanjang proses pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)
b. Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1danKI-2) menggunakan nilai Kualitatif seperti pada tabel 3 sebagai berikut:
c. Tabel 3 : Rentang Nilai Kompetensi Sikap
No. | Skor | Predikat |
1 | Skor ≤ 1,33 | Kurang (K) |
2 | 1,33 < Skor ≤ 2,33 | Cukup (C) |
3 | 2,33 < Skor ≤ 3,33 | Baik (B) |
4 | 3,33 < Skor ≤ 4,00 | Sangat Baik (SB) |
d. Penghitungan Nilai Sikap adalah dengan cara :
1) Menentukan Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 - 4, contoh :
1. = sangat kurang;
2. = kurang konsisten;
3. = mulai konsisten;
4. = konsisten;
2) Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
3) Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik
4) Nilai Proses atau Nilai Observasi disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarteman, dan Nilai Jurnal Guru karena lebih lebih mencerminkan proses perkembangan perilaku peserta didik yang otentik.
5) Contoh : Pembobotan 2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi : Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarteman : Nilai Jurnal Guru (jumlah perbandingan pembobotan = 5.
6) Rumus penghitungan:
Jumlah nilai (observasi,diri sendiri, antarteman,jurnal)
-------------------------------------------------------------------- x 4
Jumlah nilai maksimalSiswa A dalam mata pelajaran bahasa Indonesia memperoleh :
Nilai Observasi = 4
Nilai diri sendiri = 3
Nilai antarpeserta didik = 3
Nilai Jurnal = 4
Nilai Rapor = {(2x4)+(1x3)+(1x3)+(1x4)} : 20 x 4
= (18:20) x 4 = 3, 6
Nilai Konversi = 3,6 = Sangat Baik
Deskripsi = Memiliki sikap Sangat Baik selama dalam proses pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar