6 Tips Sukses Menghadapi Ujian Online UKG 2015

6 Tips Sukses Menghadapi Ujian UKG Online 2015
Tips supaya lancar dan sukses dalam menghadapi ujian online pada Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015.

Seluruh guru, baik PNS maupun honorer akan mengikuti Uji kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 yang dilaksanakan mulai 9 sampai 27 November. Bagi guru, sebenarnya ujian atau evaluasi sendiri tidak jauh dari kesehariannya. Sudah biasa guru memberikan tes pada peserta didiknya untuk evaluasi. Sekarang ganti, guru yang akan diuji dengan mengerjakan soal-soal UKG.

UKG 2015 mengujikan materi kompetensi pedagogik dan profesional guru. Sebagian besar wilayah di Indonesia akan melaksankan ujian dengan sistem Computer Based Test (CBT) atau secara online. Setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal pilihan ganda. Masing-masing guru akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya tetap sama.

Disini akan berbagi tips bagi guru untuk menghadapi UKG online tahun 2015. Sebagai kebijakan dari Kemendikbud untuk berusaha meningkatkan kualitas pendidikan, UKG 2015 bukanlah pertama kali, UKG sudah pernah digelar sejak tahun 2012. Mekipun begitu, masih muncul kebingungan dari kalangan guru karena sosialisasi tidak maksimal. Berikut tips sukses menghadapi UKG 2015:

1. Belajar mengerjakan soal-soal latihan UKG 

Anda dapat saling berhubungan atau belajar kelompok dengan teman-teman se-profesi, mencari soal-soal latihan soal yang berisikan materi pedagogik dan profesional. Pelajari kisi-kisi soal UKG 2015 yang sudah didapatkan. Anda bisa juga mencoba mengerjakan kembali soal-soal UKG tahun sebelumnya.

2. Pastikan data Anda benar

Ini penting untuk menyesuaikan soal yang akan dikerjakan, karena soal ujian yang akan diberikan adalah yang sesuai dengan sertifikat pendidik bagi guru yang sudah sertifikasi dan bagi guru yang belum sertifikasi sesuai ijasah. Cek data Anda, dan minta perbaikan jika salah. Cari tahu, kapan dan di mana tempat ujian Anda.

3. Pahami dan kenali betul tentang seluk beluk UKG

Anda bisa mengunduh buku pedoman pelaksanaan UKG 2015. Di buku tersebut ada banyak informasi, tentang apa yang akan diujikan dalam UKG online, jadwal secara umum, termasuk tata cara ujian seperti di atas. Pahami juga cara mengerjakan ujian di software UKG, ujian akan dilaksanakan secara online.

4. Bertanya pada guru yang sudah melakukan ujian

UKG 2015 secara online akan dilakukan bertahap mulai tanggal 9 - 27 November, UKG dilaksanakan secara bergelombang setiap harinya, jadi ada kesempatan untuk bertanya kepada teman guru yang sudah melaksanakan ujian UKG online. Bertanya tentang bagaimana model soalnya atau cara mengerjakan ujiannya dan yang lain sebagainya.

5. Saat mengerjakan berkonsentrasilah

Ujian dilaksanakan secara online di depan komputer, saat membaca soal di layar monitor tentu berbeda dengan membaca soal di atas kertas. Cahaya dari layar monitor sering membuat kita sering salah membaca dan kurang konsentrasi. Akan ada 100 soal UKG yang akan dikerjakan dengan waktu 120 menit.

6. Tetaplah tenang dan berdoa

Jangan terlalu resah, gelisah atau galau menghadapi UKG 2015. Ini bukanlah ajang untuk menghukum jika nilai tidak sesuai standar. UKG 2015 sesuai tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru untuk pengembangan profesi dan pemberian pendidikan yang sesuai. Terus berdoa' semoga lancar dan sukses dalam menghadapi ujian.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Tips Sukses Menghadapi Ujian Online UKG 2015

0 komentar:

Posting Komentar